Dalam konteks ini, agama merujuk kepada sistem kepercayaan yang dianuti oleh manamana masyarakat dan dikaitkan dengan kuasa daripada sumber tertinggi. Dengan demikian bisa dipahami jika agama adalah sebuah peraturan, yakni peraturan yang mengatur manusia, maupun mengenai sesuatu yang gaib serta mengenai budi pekerti dan pergaulan Hal ini berbeda dalam definisi agama atau “ad-diin” dalam bahasa Arab.

Paul B. Harton. Jakarta: PT. Fungsi Agama Manusia sejak dilahirkan ke dunia ini dalam keadaan lemah dan tidak berdaya, serta tidak mengetahui apa-apa sebagaimana firman Allah dalam Q. S. al-Nahl (16) : 78 ü Fenomena masyarakat yang boleh dikesan melalui perlakuan (sembahyang, perayaan, upacara), sikap (sikap hormat, kasih atau takut kepada kuasa luar biasa dan anggapan suci dan bersih terhadap agama), pernyataan (mantera, kalimat suci), benda-benda material (masjid, gereja, tokong, azimat dan tangkal) Wujud dari dimensi ini adalah perilaku masyarakat pengikut agama tertentu dalam menjalankan ritus-ritus yang berkaitan dengan agama.

Penjelasan yang dikemukakan oleh para ahli tidak dapat menjawab secara tuntas mengenai realitas agama dalam kehidupan manusia. Tradisional 2. seseorang dalam agama yang dianutnya. Formal 3. Ajaran agama yang universal mengandung kebenaran yang tidak dapat diubah meskipun masyarakat telah menerima itu berubah dalam struktur dan cara berfikirnya. Menjelaskan definisi agama merupakan sesuatu yang sangat kompleks. Namun, pemahaman atas agama itu sendiri tidak terbatas demikian. Oleh karena itu, diharapkan agama menjalankan fungsinya sehingga masyarakat merasa sejahtera, aman, stabil, dan sebagainya. Inkuiri Adat Recommended for you. KBBI 2.

Agama itu sendiri, berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya A: … Sub disiplin ini fokus mengkaji fenomena sosial yang berkaitan dengan relasi antara agama dan masyarakat. Agama merupakan suatu kepercayaan tertentu yang dianut sebagian besar masyarakat meru-pakan tuntunan hidup. agama, budaya dan masyarakat, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui penjelasan eksistensi tentang agama.

Begitu banyak agama yang memiliki narasi, simbol dan sejarah suci yang ditujukan untuk menjelaskan makna hidup dan / atau menjelaskan alam semesta atau asal usul dari … Sub disiplin ini fokus mengkaji fenomena sosial yang berkaitan dengan relasi antara agama dan masyarakat.

Baca juga: Definisi Sosiologi. KELESTARIAN AGAMA DALAM MASYARAKAT Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kemudian lahir pemikiran-pemikiran yang berlandaskan pada pemikiran sekuler seperti pemikiran Max Weber yang mengatakan bahwa pada masyarakat modern agama akan lenyap karena pada masyarakat modern dikuasai oleh teknologi dan birokrasi. Untuk memudahkan kita memahami arti agama, maka kita perlu mengetahui unsur-unsur pokok yang terkandung dalam agama itu sendiri.